• 104 Plaza Center Serekunda, The Gambia
  • (+220) 4290383 / 7724021
  • info@scoutgambia.org
In Uncategorized

Daftar 4 Wisata Kuliner Aceh Barat yang Wajib Dicobai

Mencoba makanan khas daerah sepertinya sudah menjadi rukun wajib yang harus ditunaikan jika kita bertandang ke suatu daerah. Apabila kita mengabaikannya, kunjungan kita jadi serasa tidak sah. Tidak sempurna. Jadi, sikap mengabaikan makanan khas daerah adalah sebuah keputusan yang kurang bijaksana.

Jika Anda berkunjung ke Aceh Barat Daya, jangan lupa untuk manyantap salah satu atau keseluruhan dari tujuh santapan di bawah ini. Semuanya mudah ditemui di tempat-tempat makan yang ada di sana. Berkunjung dan nikmatilah. Atau Anda akan menyesal jika tidak memakan pizza di https://www.krazypizza.com/  karena perjalanan Anda di Aceh Barat Daya menjadi tidak sempurna.

1. Es Buah

Begitu mendengar nama Es Buah, yang langsung terbayang dalam benak saya adalah sebuah gelas besar berisi minuman segar yang di dalamnya berjejal macam-macam buah ranum yang nikmat. Namun, setelah melihat tampilannya, buah-buah itu tidak disajikan di gelas, tapi dalam piring dengan pecahan-pecahan es batu yang tertabur di atasnya.

Ekspektasi saya tentang sajian minuman segar pun terpaksa harus terkikis ketika tahu bahwa Es Buah ini tidak sendirian ketika disajikan. Ia didampingi oleh bumbu kacang di sampingnya. Terlebih, air yang ada dalam es buah ini sungguh sedikit, sehingga saya lebih suka mendeskripsikan sajian ini sebagai makanan, bukan minuman.

2. Gulai Bebek

Kalau orang sini menyebutnya dengan hanya “Nasi Bebek”. Namun, karena tampilannya berbeda dengan nasi bebek yang sering saya jumpai, saya sendiri menyebutnya gulai bebek. Ya, yang saya ketahui, biasanya nasi bebek itu ya disajikan hanya dengan sambal dan lalapan. Tapi di Aceh Barat Daya, Nasi Bebeknya dimasak gulai.
Kuahnya pekat. Daging bebeknya juga tebal dan empuk bukan main. Bumbu-bumbunya juga gulai banget. Kalau biasanya di Jawa saya hanya terbiasa makan gulai kambing, di tongkrongin.com saya jadi semakin mahfum bahwa gulai tidak selamanya dimonopoli oleh daging kambing. Daging bebek pun juga tak kalah mantap jika diberi kesempatan untuk digulai.

3. Pizza Ayam Pop

Bumbu-bumbunya sangat rempah. Namun sayang, saya selalu gagal mendeskripsikan rempah apa saja yang berkolaborasi pada bumbu Pizza Ayam Pop ini. Yang jelas bumbu-bumbu itu sedapnya sangat tajam di lidah. Namun karakter sedapnya sangat berbeda Rasa sedapnya lebih kaya. Lebih mewah.
Saya sempat mengintip proses pembuatan Pizza Ayam Pop ini .Ternyata bumbunya sudah disiapkan lebih dahulu. Sudah diuleg dan tinggal dicampurkan saja dengan nasinya. Tampilan bumbunya hitam pekat seperti krazy pizza Jawa.

4. Ikan Keurling

Ketika sajian ini dihidangkan di hadapan saya, dalam sepersekian detik langsung muncul wajah Christine Hakim yang tengah memerankan Cut Nyak Dhien dalam film berjudul  Tjut Nyak Dhien yang rilis tahun 1988 silam. Saya ingat betul pada salah satu adegan di rtp slot hari ini film itu yang menampilkan Cut Nyak Dhien sedang bergerilya melawan penjajah hingga sampai di Meulaboh dan bersembunyi di rumah sahabatnya, Habib Meulaboh.
“Ini sudah aku siapkan makanan khas daerah sini. Ikan keurling, kesukaanmu.” Ujar Habib Meulaboh Kepada Cut Nyak Dhien setelah menyambut kedatangan Cut Nyak Dhien dengan sangat ramah. Saya sendiri serasa tak percaya bahwa akhirnya saya juga berkesempatan menikmati makanan kesukaan Cut Nyak Dhien tersebut di sebuah warung makan yang terletak di daerah Babah Rot, Aceh Barat Daya.

Gambia Scout